Konsultan Jasa Survey Geolistrik untuk Sumur Bor Air Tanah, Pertambangan, dan Eksplorasi

Metode geolistrik adalah metode geofisika yang menggunakan instrumen bernama resistivitymeter sebagai main unit untuk pengambilan data di lapangan. Pengukuran geolistrik ini bertujuan untuk mendapatkan parameter kelistrikan lapisan batuan dibawah tanah dengan cara injeksi arus listrik ke dalam tanah. Metode geolistrik adalah salah satu metode geofisika yang bersifat aktif, yaitu membutukan sumber listrik sebagai tenaga utamanya, biasanya berupa accu / aki.

Tujuan pokok dari survey geolistrik yaitu mencari tahanan jenis atau resistivitas dari lapisan batuan di dalam tanah. Parameter resistivitas tersebut yang menunjukkan tingkat hambatan material batuan terhadap arus listrik. Secara umum, batuan yang memiliki resistivitas rendah, maka batuan tersebut mudah untuk dialiri oleh arus listrik (bersifat konduktor). Demikian juga sebaliknya, batuan yang memiliki resistivitas tinggi, maka batuan tersebut sulit untuk dialiri arus listrik (bersifat isolator).

Selain resistivitas batuan, metode geolistrik juga dapat dipakai untuk menentukan sifat-sifat kelistrikan lain seperti potensial diri dan medan induksi. Metode geolistrik potensial diri atau disebut juga SP (self potential) biasanya digunakan untuk mengetahui arah aliran air tanah. Sedangkan geolistrik IP (Induced Polarization) biasanya digunakan untuk mencari mineral logam.

Jasa survey geolistrik disediakan oleh Geochem Survey untuk pengukuran data dan pemodelan bawah tanah dalam bentuk 1 Dimensi hingga 3 Dimensi. Alat geolistrik yang digunakan terdapat sertifikat kalibrasi dari laboratorium.

Alat Survey Geolistrik

Single-Channel

Pengertian alat geolistrik single-channel yaitu bahwa alat yang dibuat dan diperuntukkan untuk sounding. Hal tersebut karena alat tersebut tidak memiliki switch box untuk mengatur distribusi aliran arus listrik dan biasanya di alat hanya terdapat colokan A B M N. Colokan A B untuk kabel current / arus sedangkan M N untuk kabel voltage / tegangan.

Konsultan Survey Geolistrik Eksplorasi Tambang Andesit
Team Geochem Survey Geolistrik menggunakan Naniura Single-channel

Naniura, SAZ-3000, Neoresist, IRES

Adalah alat produk geolistrik buatan lokal lainnya yang juga umum digunakan oleh para insinyur geofisika untuk akuisisi data sounding.

Multi-Channel

Alat geolistrik multi-channel yaitu alatnya sudah lebih modern dan fungsinya lebih beragam karena dapat digunakan untuk mapping / profiling. Alat tersebut memiliki switch box dan kabel elektroda yang digunakan adalah multi-core. Sehingga mampu dibuat skema aliran arus listrik pada elektroda yang telah terpasang tergantung pengaturan akuisisi yang digunakan.

Team Geochem Survey Geolistrik menggunakan Supersting
Team Geochem Survey Geolistrik menggunakan Supersting

AGI Supersting

Produk dari USA dan saat ini model terbaru adalah Supersting R8 yang artinya bisa hingga 8 channel. Dalam situs resminya alat tersebut memiliki berbagai kelebihan yaitu alat resistivity meter yang otomatis dan telah diuji di banyak lingkungan ekstrem di bumi dan telah terdapat di lebih dari 700 artikel jurnal yang ditinjau sejawat. Supersting juga diclaim mampu memberikan akurasi tertinggi dan tingkat noise terendah. Saat ini juga telah terdapat model Supersting marine resistivity sehingga bisa digunakan untuk geolistrik di laut dan Supersting wi-fi sehingga bisa menggunakan tablet atau smartphone android.

ARES

Produk dari Rep. Ceko yang saat ini telah muncul generasi ARES II. ARES II memiliki model 2.5 A dan 5 A (daya lebih tinggi sehingga kemampuan penetrasi bisa lebih dalam) dan bisa digunakan juga di laut.

S-Field, Geores

Merupakan produk geolistrik buatan lokal dan telah digunakan oleh beberapa kalangan. Umumnya kelemahan produk lokal adalah kemampuan sensornya dalam membaca nilai chargeability (survey IP).

 

Kegunaan dan Fungsi Survey Geolistrik

Geolistrik untuk Sumur Bor Air Tanah dan Pemetaan Hidrogeologi

Konfigurasi geolistrik yang digunakan untuk eksplorasi air tanah biasanya adalah schlumberger atau disebut juga VES (vertical electrical sounding). Standarnya telah diatur dan terdapat dalam SNI no 2818:2012

Jasa Geolistrik Penampang 2 dimensi
Jasa Survey Geolistrik Sumur Bor Air Tanah 2 dimensi

Perhitungan Volume dan Cadangan Batubara

Survey geolistrik diperlukan untuk membantu delineasi perlapisan batubara antar titik bor dalam area IUP Eksplorasi Batubara.

 

Eksplorasi Mineralisasi Emas, Tembaga

Metode geolistrik yang digunakan umumnya kombinasi dari geolistrik resistivity dan IP (Induced Polarization). IP berguna untuk mengetahui zona mineralisasi emas yang umumnya dapat menyimpan

Jasa Pemodelan Geolistrik IP Emas

 

Pengukuran sumber daya bahan tambang galian C (Batu Andesit, Gamping, Endapan Trass, Sirtu)

Hasil geolistrik digunakan untuk membuat model persebaran dan menentukan volume dari tambang galian C. Selain itu dapat membantu merekomendasikan titik bor coring sehingga dapat menghemat cost dan membantu dalam perencanaan tambang.

Konsultan Jasa Geolistrik Tambang 3 Dimensi

 

ERT (Electrical Resistivity Tomography) untuk Geoteknik

Tujuan survey geolistrik adalah utnuk mendapatkan data perlapisan geologi di area survey. Umumnya disebut ERT (Electrical Resistivity Tomography) karena menggunakan multi-channel untuk mendapatkan penampang cross-section.

 

Soil Resistivity Testing untuk Grounding atau Earthing

Umumnya jenis survey geolistriknya dinamakan soil resistivity testing untuk mengetahui nilai tahanan jenis tanah sehingga dapat digunakan untuk desain instalasi listrik atau penangkal petir.

Contoh Hasil Soil Resistivity Testing Grounding

 

Pemetaan Lahan Terkontaminasi (Limbah, Intrusi Air Asin)

Geolistrik dapat digunakan untuk membantu pemetaan lahan yang telah terkontaminasi limbah berdasarkan perbedaan nilai resistivitasnya. Selain itu untuk di area dekat pantai atau pesisir dapat juga untuk mendeteksi intrusi air asin biasanya ditunjukkan dengan nilai resistivitas yang sangat  rendah.

 

Persiapan yang diperlukan dalam Survey Geolistrik

Beberapa prosedur operasional standar / standard operational procedure (SOP) lapangan yang harus diperhatikan dalam melakukan akuisisi data di lapangan menggunakan Geolistrik dijelaskan dibawah ini.

Administrasi

Surat Jalan

Surat jalan diperlukan karena membawa peralatan geolistrik yang lumayan banyak. Alat tersebut harus dilist dan terdapat surat resmi bahwa resmi dari perusahaan untuk tujuan yang sudah jelas. Selain main unit geolistrik, ada juga kabel gulung sebanyak 4 buah, palu, patok, aki, dan perlengkapan lainnya untuk menunjang survey.

Surat Perizinan di Lokasi

Dalam survey geolistrik walaupun secara prinsip tidak merusak, tapi tetap diperlukan izin dari perangkat desa setempat karena lokasinya survey sering kali masih dimiliki oleh pihak lain.

Surat Kesehatan

Surat kesehatan umumnya berupa MCU (Medical Check Up) atau Surat Keterangan Sehat. Pada waktu-waktu tertentu (misal: pandemik Corona / Covid-19) bahkan diperlukan surat keterangan tes dan menyatakan bahwa team geolistrik tidak sedang mengidap penyakit tertentu.

 

Team Geolistrik

Field and Geophysical Engineer

Field engineer atau Insinyur di lapangan bertugas sebagai Quality Control (QC) yang umumnya punya background atau pengetahuan geophysics. Tugas lainnya yaitu untuk mencatat keadaan lapangan yang berguna dalam interpretasi dari hasil geolistrik. Selain itu juga bisa membuat hipotesis atau analisis awal hasil yang akan didapat kelak dari pemodelan geolistrik berdasarkan pengamatan di lapangan.

Geophysical engineer bertugas untuk mengolah data, membuat model, dan interpretasi hasil dari geolistrik. Hal tersebut biasanya dilakukan setelah berdiskusi dengan field engineer dan team geology apabila dilibatkan dalam pelaksanaan survey. Team Geochem Survey terdiri dari tenaga ahli di yang merupakan lulusan sarjana Teknik Geofisika dari ITB.

Operator

Operator adalah orang yang memiliki kemampuan untuk mengoperasikan alat geolistrik. Seorang operator biasanya mampu untuk troubleshooting alat geolistrik apabila ada problem di lapangan. Operator juga harus mampu mengawasi angka atau nilai bacaan alat apabila ada error yang berasal dari alat.

 

Alat untuk Uji Geolistrik

Main Unit

Pastikan main unit dapat beroperasi dengan baik. Alat geolistrik juga sudah dikalibrasi sekitar 6 – 12 bulan sekali. Biasanya penanganan pertama untuk kerusakan alat di lapangan adalah sekring / fuse yang putus. Untuk itu perlu dicari tahu ukuran besar Ampere dari fuse alat geolistrik yang digunakan.

Sumber Daya Listrik

Disebut juga catu daya umumnya berupa aki. Kondisi aki harus prima dan dalam keadaan full charging. Untuk antisipasi di lapangan, aki bisa dibawa 2 set beserta dengan charger aki untuk isi ulang ketika habis.

Kabel Elektroda

Kabel elektroda terjaga kebersihannya dan tidak terkena air terutama pada bagian socket/sambungan.

Konsultan Survey Geolistrik Air Tanah Sumur Bor

 

Waktu dan Lokasi Pengukuran Geolistrik

Hujan

Alat survey geolistrik harus dijaga agar tidak terkena air. Terutama pada bagian depan main unit yang terdapat celah air masuk dan antar penghubung kabel yang bisa mempengaruhi aliran arus dan tegangan listrik dan mengurangi kualitas data. Air juga bisa menyebabkan karat pada alat atau antar kabel penghubung sehingga harus dijaga agar selalu bersih dan kering.

Apabila terjadi hujan deras sebaiknya pengukuran geolistrik dihentikan terlebih dahulu. Hujan yang deras dapat mempengaruhi hasil survey terutama karena air yang terserap ke dalam tanah. Aliran air di dalam lapisan tanah menyebabkan noise pada data. Sehingga sebaiknya survey dilanjutkan beberapa saat setelah hujan selesai turun.

Cuaca ekstrim panas dan ekstrim dingin

Setiap alat memiliki rentang suhu optimal dalam pengoperasiannya, termasuk juga alat geolistrik. Suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas dapat mengakibatkan kerusakan pada alat survey.

Petir

Petir atau Geledek dapat menyambar ke alat atau kabel yang teraliri listrik. Suatu medium yang teraliri listrik menghasilkan medan magnet yang mengundang petir.

Sinar matahari

LCD display alat geofisika harus terlindungi dari sinar matahari agar tetap terjaga kontrasnya.

Malam hari

Kondisi malam hari yang gelap dapat mengurangi tingkat fokus dari team lapangan dan biasanya hewan malam sering keluar. Hewan yang keluar tersebut bisa merusak peralatan geolistrik terutama kabel yang sedang dibentangkan.

 

Daftar Pengalaman Jasa Survey Geolistrik oleh Geochem

Harga Konsultan Jasa Survey Geolistrik 

Biaya atau anggaran untuk jasa survey geolistrik dari Geochem Survey dapat dinegosiasikan bergantung volume dan detail pekerjaan.

 

Contoh Hasil Interpretasi, Pemodelan, dan Laporan Data Geolistrik

Contoh Laporan dan Hasil Geolistrik

 

NoProject TitleDetailKlienLokasiTahun
1Survey Geolistrik untuk Tambang AndesitMenghitung Volume Cadangan Batu Andesit menggunakan Geolistrik dan pemodelan 3 DimensiPT Reksa Baya SejahteraSubangMar-20
2Survey Geolistrik dan HidrogeologiMelakukan pemodelan air tanah untuk dapat mengetahui potensi sumur artesis di lokasiPT Supreme Energy Muara LabohSolok Selatan, Sumatra BaratMar-20
3Survey GeolistrikMengetahui kondisi tanah dan batuan dalam tanah di lokasi rencana lahan perumahanPT Bangun Minanga LestariMinahasaFeb-20
4Survey Geolistrik Air tanahMelakukan pengambilan data Geolistrik air tanah untuk mencari titik sumur bor yang tepat di area perumahanPT Bangun Minanga LestariManadoDecember-19
5Eksplorasi Geolistrik Air TanahMelakukan pengukuran Geolistrik 3 Dimensi dengan alat SUPERSTING multi-channel untuk memetakan lapisan akuiferPT Supreme Energy Muara LabohSolok Selatan, Sumatra BaratDecember-19
6Eksplorasi Batu Gamping (Kapur)Melakukan survey geologi dan geolistrik untuk volume Batu Gamping (Kapur)PT Hanas Abadi MandiriSukabumiOctober-19
7Eksplorasi BatulempungMelakukan survey Geolistrik cadangan batulempungPT Tiga Mitra ObsesinaBogorSeptember-19
8Eksplorasi Air Tanah dan Survey HidrogeologiMelakukan survey Geolistrik dan Hidrogeologi untuk mengetahui potensi air tanah dan air permukaanPak Amir MahmudPalangkarayaAugust-19
9Eksplorasi Air TanahMelakukan survey Geolistrik mengetahui potensi air tanahDinas PUBatanghariAugust-19
10Eksplorasi Air Tanah dan Survey Air PermukaanMelakukan survey Geolistrik, Hidrogeologi, dan Pemetaan Geologi untuk mengetahui potensi air tanahPT Graha Cipta SuksestamaDepokAugust-19
11Eksplorasi AndesitMelakukan pemetaan geologi dan survey geolistrik untuk volume andesitCV Lista KaryaKebumenJune-19
12Eksplorasi Air TanahMelakukan survey Geolistrik dan Hidrogeologi untuk mengetahui potensi air tanah dan air panasLahan an. Pak DeniCiawi, TasikmalayaJanuary-19
13Eksplorasi AndesitMelakukan pemetaan geologi, survey geoolistrik, dan topografi untuk volume andesitPT SKYCicalengkaDecember-18
14Eksplorasi Air TanahMendeteksi air tanah sebelum melakukan pengeboranRS Salman HospitalSoreang, BandungNovember-18
15Eksplorasi AndesitEksplorasi dan Pemodelan batuan AndesitPT Megah Karya BaronangKapuas, Kalimantan TengahOctober-18
16Eksplorasi Air TanahMendeteksi air tanah sebelum melakukan pengeboranLahan a.n. Pak BoySukabumiOctober-18
17Eksplorasi Mineral EmasMelakukan Pemetaan Geologi, Survey Geolistrik 2D Resistivity dan IP untuk memetakan persebaran mineralisasi emasLahan an. Pak HendraBolaang Mangondow, Sulawesi UtaraOctober-18
18Pengukuran volume dan persebaran batuan GampingSurvey Geolistrik dan pemodelan secara 3D volume GampingIUP a.n. Iwan SetiawanCipatat, BandungAugust-18
19Eksplorasi BatubaraMelakukan survey geolistrik multi-channel untuk eksplorasi batubaraIUP an. Pak HendyBayah, BantenMay-18
20Survey Geolistrik Air TanahSurvey Geolistrik air tanah sebelum dilakukan pengeboranLahan Rumah MakanCilegon, BantenMarch-18
21Pengukuran volume dan persebaran batuan AndesitSurvey Geolistrik dan pemodelan secara 3D volume AndesitPT KulaletBaleendah, Kab. BandungJanuary-18
22Pemetaan Potensi Air TanahMelakukan survey Geolistrik dan Hidrogeologi untuk pemetaan akuifer dalamUNPADSolok, Sumatra BaratNovember-17
23Eksplorasi PasirKonsultan survey geolistrik untuk mengetahui cadangan endapan pasir di Kab. Majalengka, Jawa BaratIUP an. Hj WaltinahMajalengka, Jawa BaratMay-17
24Eksplorasi Air TanahKonsultan survey geolistrik untuk mengetahui potensi air tanah di Lebak, BantenYayasan Sedekah AirLebak, BantenApril-17
25Eksplorasi Air TanahKonsultan survey geolistrik untuk mengetahui potensi air tanah di Desa Cibarusah, BekasiYayasan Sedekah AirBekasi, Jawa BaratApril-17
26Eksplorasi Air TanahKonsultan survey geolistrik untuk mendeteksi posisi dan kedalaman sumur bor di Sumenep, MaduraCV Ombilin JayaSumenep, MaduraMarch-17
27Eksplorasi Air TanahKonsultan survey geolistrik untuk mengetahui potensi air tanah di Padalarang, Kabupaten BandungPT Syapril JanizarPadalarang, Kab. BandungNovember-16
28Eksplorasi AndesitKonsultan survey geologi untuk mengukur potensi andesitCV Bukit IntanPadalarang, Kab. BandungSeptember-16
29Survey Geolistrik dan Geologi AndesitSurvey geolistrik dan geologi untuk mengetahui persebaran dan potensi andesit di PandeglangPT Servo Buana ResourcesKec. Sumur, Pandeglang, Provinsi BantenMay-16
30Eksplorasi Pasir KuarsaSurvey geolistrik dan geologi mengetahui persebaran pasir di TubanPT Servo Buana ResourcesTubanApril-16
31Eksplorasi Air TanahSurvey geolistrik untuk identifikasi air tanah di SemarangDinas Pertanian SemarangSemarangApril-16