Jasa Survey Topografi – Konsultan Pemetaan Terbaik

Survey topografi atau disebut juga pemetaan adalah suatu teknik pengukuran untuk menentukan sebuah posisi atau tanda yang terjadi secara alami atau buatan manusia diatas permukaan tanah. Survey Topografi dilakukan dengan berbagai tujuan diantaranya untuk mencapai perencanaan konstruksi, perizinan, mengetahui luas area dan kebutuhan lainnya. Selain itu pengukuran topografi juga sering dipakai untuk mendapatkan kontur medan (terrain). Pada pengukuran tersebut akan dilakukan sebuah perekaman data menggunakan instrumen yang diperlukan untuk menggambar peta topografi.

Gambar topografi memuat gabungan data, seperti pepohonan, benda-benda di atas permukaan, atau objek lainnya yang akan membuat suatu peta topografi. Dalam melakukan hal tersebut, umumnya sebuah jasa survey topografi akan menggunakan beberapa metode yang umum digunakan untuk pemetaan tersebut seperti metode pemetaan terrestrial (darat). Metode lainnya yaitu fotogrametri udara menggunakan jasa pemetaan Drone, Fixed-Wing, Multi-Rotor UAV atau LiDAR. Geochem Survey sebagai Konsultan jasa survey topografi membantu anda membuat pemetaan dengan hasil dan harga terbaik.

Jasa Survey Topografi Pemetaan untuk Tanah atau Lahan

 

Tahapan Pekerjaan untuk Survey Topografi di Lahan

Persiapan sebelum melaksanakan survey

Pertama-tama yang harus kita lakukan sebelum melaksanakan survey topografi pada umumnya dapat dibagi dua, yaitu pekerjaan persiapan administrasi dan persiapan teknis agar tidak ada kendala di lapangan. Persiapan administrasi atau perijinan antara lain: Pengurusan ijin kepada pejabat setempat untuk pekerjaan survey lapangan. Berkoordinasi dengan pimpinan atau kepala desa setempat; Dokumen Kesehatan seperti MCU (Medical Check Up) atau Surat Keterangan Sehat; dan administrasi lainnya.

Persiapan teknis antara lain: Membeli peta dasar skala kecil dan dokumen teknis; mobilisasi umum meliputi peralatan survey dan personil; pengadaan bahan dan material untuk pekerjaan survey, seperti patok atau BM (Benchmark); Melakukan kalibrasi dari alat yang akan digunakan. Pastikan alat sesuai standar dan telah dikalibrasi 6 – 12 bulan sekali.

 

Pemasangan patok penanda di lapangan dan pengukuran jarak

Pemasangan patok BM (benchmark) atau CP (control point) berguna sebagai titik referensi awal dalam pengukuran di lapangan.

 

Pelaksanaan Pengukuran Topografi menggunakan Total Station

  • Menyalakan alat total station.
  • Mengatur koreksi atmosfer (ppm). Ini harus dilakukan di pagi dan siang hari.
  • Atur lingkaran horizontal.
  • Atur koordinat.
  • Mengamati backsight (periksa apakah azimuth to backsight adalah 180 derajat dari pembacaan sebelumnya)
  • Amati backsight benchmark (dapatkan perbedaan ketinggian). Ini mungkin memerlukan faktor ketinggian reflektor di atas benchmark.
  • Hitung ketinggian instrumen relatif (ketinggian patokan+/- perbedaan ketinggian). Perhatikan ketinggian tongkat dan catatan komputasi di buku lapangan
  • Memasukkan nilai Z (ketinggian) pada instrumen atau pengumpul data.
  • Mengamati tolok ukur backsight (periksa ketinggian)
  • Membalikkan dan ulangi (periksa ketinggian).

 

Perhitungan dan penggambaran peta hasil survey topografi

Penggambaran peta hasil survey topografi biasanya di autoCAD agar dapat digunakan oleh client.

 

Pembuatan laporan hasil survei topografi

Laporan berisi latar belakang dan tujuan survey topografi, sampai dengan output dari survey.

 

Fungsi dan Tujuan Survey Topografi

Jasa Pemetaan Kontur dan Situasi

Dikenal juga sebagai Survey Situasi atau Fitur, berguna untuk merinci semua fitur penting yang relevan dengan area survey. Survey kontur dan fitur menyertakan posisi gedung, pohon, saluran air bersih dan kotor, jalur komunikasi, jalan raya, jalan masuk, fitur khusus, dan elevasinya di seluruh area survey. Survey ini dapat digunakan sebagai rencana dasar untuk desain site plan dan memaksimalkan lahan Anda.

Jasa Survey Drone UAV dan Foto Udara

 

Jasa Aerial Survey atau Foto Udara dengan Drone UAV

Geochem Survey memiliki jasa pemetaan dan foto melalui udara dengan menggunakan Drone, Fixed Wing, atau Multi-Rotor UAV untuk memberikan solusi data yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Operator UAV kami semuanya adalah surveyor yang berkualifikasi, menjadikan Geochem Survey sebagai solusi lengkap Anda untuk perencanaan proyek, pembuatan GCP (Ground Control Point), pengambilan gambar, pengolahan, dan pembuatan laporan. Kami menggunakan teknologi terbaru dan telah berpengalaman bertahun-tahun dalam survey.

Survey Udara berguna untuk mengetahui progress proyek Anda dengan aman. Bisa juga untuk menangkap data survey yang besar dan gambar dari proyek yang besar dan kompleks dalam waktu singkat. Survey Udara juga ideal untuk melaporkan jumlah dan kesesuaian dengan rencana. Sehingga dapat memberikan solusi terbaik dari area beberapa hektar hingga ratusan kilometer persegi.

Jasa Foto Drone UAV untuk Pemetaan dan Kontur

 

Survey, Desain, dan Pengawasan Konstruksi Jalan

Survey jalan raya termasuk ke dalam survey rute yang umum digunakan untuk tanggul, aliran sungai, rel kereta api, saluran drainase, jaringan listrik, jaringan pipa, dan utilitas lainnya. Secara umum, survey rute terdiri dari:

  • Menentukan konfigurasi ground dan lokasi objek di dalam dan di sepanjang rute yang direncanakan
  • Menetapkan keselarasan linear atau curvelinier rute.
  • Menentukan volume earthwork yang diperlukan untuk konstruksi.

Setelah melakukan penyocokkan staking di awal lalu kemudian ditutup melalui satu set control poin utama yang telah disesuaikan, kemudian penempatan center-line / baseline akan mengidentifikasi semua titik yang ditetapkan pada rute. Perbedaan level ditetapkan melalui area dari dua benchmark yang telah ditetapkan sebelumnya. Pembuatan cross-section sebelumnya diambil dari kiri dan kanan center-line.

Saat ini digital terrain model (DTM) atau fotogrametri digunakan untuk menghasilkan penampang untuk nilai desain. Survei dapat dilakukan untuk memeriksa bagian-bagian ini di stasiun intermiten di sepanjang garis tengah. Ketinggian dan fitur tanah akan direkam sesuai kebutuhan.

 

Stake Out Survey dan Monitoring Pekerjaan Lahan

 

Pengukuran dan Pemetaan Garis Pantai (Nearshore and Offshore Survey)

Survey topografi biasa dilakukan di lokasi dekat pantai( survey nearshore) dan laut (offshore) yang biasanya digunakan untuk jalur pipa, jalur kabel, jetty atau pelabuhan, water breaker, dan infrastruktur lainnya yang dekat pantai. Tujuan untuk pemetaan topografi di pesisir adalah untuk menghindari kegagalan konstruksi dan mendapatkan data yang tepat mengenai elevasi dan kontur di area survey.

 

As-Built Survey (Laporan Gambar Kerja Survey)

As-Built Survey adalah survey bangunan, gedung, atau infrastruktur lainnya yang terdapat di lokasi. Survey berguna untuk mendapatkan data dimensi dan elevasi, sehingga dapat digunakan untuk perbaikan yang sedang dibangun. Survey dilakukan selama atau segera setelah proyek konstruksi untuk catatan, evaluasi progress, dan keperluan pembayaran dari suatu proyek.

 

Perencanaan Saluran Irigasi, Jembatan, dan Bendungan

Langkah awal yang digunakan dalam survey topografi untuk membangun struktur irigasi adalah ketersediaan dan kemampuan air sungai. Sungai tersebut harus memenuhi kebutuhan air di daerah tersebut. Setelah itu dapat dilakukan pengukuran topografi untuk persiapan proyek irigasi.

 

Earthwork Design dan Volume Cut and Fill

Umumnya digunakan untuk proyek-proyek konstruksi yang hasil akhirnya memerlukan pemindahan dan / atau pengolahan tanah atau batuan dalam jumlah yang besar. Earthwork dilakukan untuk mengkonfigurasi ulang topografi area survey agar sesuai dengan desain site plan. Earthwork termasuk juga volume cut and fill untuk mencapai topografi yang diperlukan dari lokasi kerja. Apabila lahan harus cut (dipangkas) maka tanah harus dipindahkan ke luar area sedangkan jika lahan harus fill (diurug) berarti dibutuhkan tanah dari luar area.

Earthwork Design Volume Cut and Fill

 

Peralatan Survey Topografi Pemetaan

Survey dengan Total Station

Pengukuran topografi menggunakan total station bisa dilakukan di area terbuka atau tertutup vegetasi secara akurat. Objek topografi yang diukur sesuai dengan kebutuhan dan laporan pelaksanaan konstruksi. Beberapa jenis jasa survey topografi dengan alat Total Station: Staking out site plan di lahan, memberi tanda batas lahan, Traverse survey Check, Verticality, dan sebagainya.

Survey Kontur dan Batas Lahan Total Station

 

Pengukuran dengan GPS Geodetik – Real Time Kinematics (RTK)

Survey GPS Geodetik RTK biasanya dilakukan pada area terbuka dalam cakupan luas karena membutuhkan penerimaan satelit yang bagus. Metode RTK ini memiliki kelebihan yaitu data yang diukur di lapangan bisa langsung di gunakan sebagai hasil akhir dari survey lapangan. Karena alat hasil survei GPS Geodetik dihasilkan berasal dari koreksi langsung dari Referensi (Base), Mengirimkan Koreksi ke Perangkat Survey Situasi (Rover) dan menggunakan satu rover yang disambungkan ke base acuan milik pemerintah secara online, dengan ketentuan yaitu kecepatan tidak berbeda antara dua perangkat dengan satu perangkat. Survey menggunakan GPS bisa untuk pengukuran di pertambangan, infrastrukur, atau penelitian.

Jasa Survey Pemetaan GPS RTK

 

Pemetaan dengan Drone, Fixed Wing, Multi-Rotor

Survey pemetaan tersebut disebut juga UAV (Unmanned Aerial Vehicle) yaitu termasuk cara yang lebih efektif dan efisien untuk melakukan survei topografi. Survey dengan UAV disebut juga survey UAS (Unmanned Aerial System). Salah satunya adalah dengan menggunakan drone yang semakin populer saat ini. Walaupun survey dengan drone tetap memiliki kekurangan khususnya di area yang padat dengan pepohonan karena tidak seakurat menggunakan LiDAR atau Total Station. Untuk menjangkau area yang lebih luas biasanya menggunakan jasa pemetaan dengan Drone, Fixed Wing, atau Multi-Rotor.

Konsultan Topografi Pemetaan Drone UAV Foto Udara

 

Pemetaan dengan LiDAR

Survei laser udara juga disebut sebagai LiDAR (Light Detection And Ranging) adalah teknologi yang bertujuan untuk memperoleh data kelompok titik 3D (X, Y, dan Z). Tujuan utamanya adalah pembuatan Digital Surface Model (DSM). Dengan mengukur waktu tunda antara pulsa yang keluar dan yang masuk mengukur jarak ke tanah. Menggunakan GPS / INS pada saat yang sama menentukan posisi dan ketinggian pesawat. Tinggi terbang dan jenis pesawat LiDAR menentukan kerapatan titik semua pengukuran. Hal ini bisa menyebabkan pertambahan hingga beberapa poin per meter persegi.

Data ini diterapkan untuk berbagai bidang, termasuk pencegahan bencana, jalan, pengendalian erosi, hutan, pertanian, perencanaan kota, model kota 3D dan sungai.

 

Pengalaman Jasa Survey Topografi Geochem Survey

Biaya Jasa Survey Topografi untuk Pemetaan Kontur Tanah, Situasi, dan Batas Lahan

Silahkan diskusikan anggaran anda kepada kami untuk mengetahui harga jasa pemetaan untuk pembuatan peta kontur tanah dan batas lahan anda.

 

Laporan Hasil Jasa Survey Topografi untuk Pemetaan dan Foto Udara dengan Drone

Contoh Laporan Jasa Survey Topografi dan Pemetaan - Geochem Survey

 

Geochem Survey sebagai Penyedia Jasa Pemetaan dan Sewa Drone di Bandung

  1. PT Geochem Survey International telah memiliki legalitas dan perijinan yang lengkap
  2. Tenaga ahli dari ITB Alumni Teknik Geodesi dan Geomatika
  3. Telah berpengalaman dan survey pemetaan di berbagai lokasi
  4. InsyaAllah amanah sesuai kontrak dan menjaga kerahasiaan data client
  5. Siap melakukan revisi tanpa dibayar sampai menghasilkan standar tertinggi

 

NoProject TitleDetailKlienLokasiTahun
1Survey Topografi dan Foto Udara dengan Drone UAVMelakukan Survey Kontur dan Foto Udara Batas Lahan dan Situasi untuk Rencana Tambang AndesitPT Reksa Baya SejahteraSubangMar-20
2Survey Topografi dengan Total StationSurvey Topografi untuk penentuan titik bor dan penampang sungaiPT MedcoBanyu Asin, Sumatra SelatanNov-19
3Land SurveyMelakukan Survey Topografi Batas Lahan dan Situasi untuk Rencana Pabrik di Kawasan IndustriPT Dwimitra Ekatama MandiriJababeka, BekasiJun-19
4Survey TopografiMelakukan survey kontur dan batas lahan untuk propertiPT Hafaro LandLembang, Kab. BandungJun-19
5Survey Topografi dan Earthwork DesignMelakukan survey kontur dan desain untuk cut and fill lahan pabrikPT Eterna Persada IndonesiaSerangMay-19
6Pengukuran TopografiMelakukan Survey Topografi Batas Lahan dan Situasi untuk Rencana Pabrik di Kawasan IndustriPT Dwimitra Ekatama MandiriKarawangFeb-19
7Land SurveyMelakukan Pengukuran Topografi Batas Lahan dan Situasi untuk Rencana Pabrik di Kawasan IndustriPT Dwimitra Ekatama MandiriCikarang, BekasiFeb-19
8Survey Topografi dan Pembuatan BenchmarkPembuatan Benchmark untuk lahan RS Salman HospitalRS Salman HospitalSoreang, Kab. BandungJan-19
9Survey Topografi dan Earthwork DesignMelakukan survey kontur dan desain untuk cut and fill lahan propertiGreenland Shariah Islamic SoreangSoreang, Kab. BandungDec-18
10Survey Topografi dan Foto Udara dengan Drone UAVMelakukan pemetaan geologi, survey geolistrik, dan topografi untuk volume andesitPT SKYCicalengka, Kab. BandungDec-18