Uncategorized

Uji Sondir untuk Analisis Daya Dukung Tanah

Jasa sondir atau CPT biasa digunakan untuk mendukung para kontraktor pembangunan Gedung atau bangunan baik skala kecil atau besar. Uji Sondir atau dikenal juga dengan CPT (Cone Penetration Test) adalah alat yang telah lama di Indonesia. Tes sondir telah digunakan hampir pada setiap penyelidikan tanah pada pekerjaan teknik sipil karena relatif cepat, murah, dan mudah penggunaanya. Pengertian Sondir adalah alat berbentuk silindris dengan ujungnya berupa konus. Pada pelaksanaan uji sondir, stang alat ini ditekan ke dalam tanah lalu kemudian diukur nilai dari perlawanan tanah terhadap ujung sondir (tahanan ujung) dan gesekan pada selimut silinder dalam gaya per satuan panjang.

Pentingnya Uji Sondir untuk Pondasi Gedung

Pondasi bangunan dapat dibagi menjadi dua, yaitu pondasi dangkal dan pondasi dalam. Untuk pondasi dangkal biasanya digunakan untuk membuat bangunan yang kecil. Sedangkan pondasi dalam digunakan untuk membuat Gedung yang tinggi. Metode yang umum digunakan dalam pembuatan pondasi bangunan adalah metode pondasi pancang dan bore pile.

Pada saat kita membuat bangunan maka hal bagian yang paling penting adalah pondasi karena mengalirkan beban langsung ke dalam lapisan tanah. Lapisan tanah harus kuat menahan beban dari pondasi gedung agar bisa menopang dan mengalirkan beban struktur supaya gaya yang terdapat di dalam bangunan tetap stabil.

Oleh karena itu Geochem Survey sebagai Konsultan Geoteknik menyediakan jasa uji Sondir atau CPT oleh engineer sipil dari kami agar bisa menghitung atau membantu arsitek merencakan Gedung dengan tepat. Sehingga kontraktor atau developer bangunan dapat membuat Gedung dengan konstruksi yang sesuai dan bertahan lama.

Uji Sondir untuk soil investigation. Metode Sondir dapat diugnakan dalam perencanaan pondasi. Tes Sondir berguna untuk analisis kekuatan tanah.
Jasa Uji Sondir – Soil test untuk analisis daya dukung tanah dan pondasi gedung

Metode Tes Sondir

Metode sondir atau dikenal juga sounding adalah model atau representasi dari pondasi tiang dalam skala kecil. Teknik pendugan daya dukung tanah atau kedalaman tanah keras dengan suatu batang telah lama dipraktekan oleh Swedia sejak zaman dulu.

Metoda sondir terdiri dari penekanan suatu tiang pancang ke dalam tanah untuk meneliti penetrasi atau tahanan gesernya. Metoda ini berfungsi untuk eksplorasi dan pengujian di lapangan. Uji ini dilakukan untuk mengetahui kedalaman lapisan tanah yang keras dan homogenitas tanah dalam arah lateral. Hasil uji sondir disajikan dalam bentuk diagram sondir yang mencatat nilai tahanan konus dan friksi selubung, kemudian digunakan untuk menghitung daya dukung tanah.

Di Indonesia yang banyak dijumpai tanah lempung hingga dalam membuat alat sondir sebagai alat tes di lapangan yang sangat terkenal karena lapisan tanah lembek mudah ditembus. Untuk di dunia internasional sendiri, penggunaan Sondir semakin populer khususnya untuk menggantikan SPT untuk test yang dilakukan pada jenis tanah liat yang lunak dan untuk tanah pasir halus sampai tanah pasir sedang/kasar. Pengujian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai perlawanan penetrasi konus (qc), hambatan lekat (fs) tanah dan friction ratio (rf) untuk memperkirakan jenis tanah yang diuji.

Untuk konsultasi masalah tes sondir yaitu RAB / harga uji sondir dapat kontak ke whatsapp atau call ke customer service Geochem Survey:
0819 1003 6644  (Iqbal) atau 0821 2323 2253 (Helmy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *