Proyek

Survey Topografi di Palembang untuk Titik Bor

Survey topografi di Palembang, Sumatra Selatan dilakukan di area pencarian titik sumur Medco Energi di perkebunan kelapa sawit. Pengambilan data lapangan topografi berlangsung pada November 2019.

Tujuan dari pengukuran topografi ini adalah sebagai berikut:

  • Menentukan besar beda elevasi antar titik bor.
  • Menentukan nilai kemiringan antar titik inlet dengan titik outlet sungai
  • Membuat gambaran penampang sungai pada bagian inlet, middle, dan outlet.
  • Menentukan besar beda elevasi antara titik pre-hole dengan Benchmark.

Saat kita melakukan survei untuk pencarian sumur minyak diperlukan proses studi hidrogeologi, analisis sedimen, karakter dan struktur sumber, dan berbagai macam studi lainnya. Proses studi tersebut juga dilakukan pada pencarian sumur minyak yang dilakukan oleh Medco Energi di Palembang, Sumatera Selatan. Dalam survey hidrogeologi dibutuhkan data penunjang yaitu perbedaan elevasi antara tiga titik bor dan pengukuran penampang sungai di sekitar site. Data tersebut bisa didapat dari jasa survey topografi di Palembang, Sumatra Selatan. Data-data tersebut nantinya akan digunakan pada tahapan selanjutnya.

Jasa Pengukuran Topografi di Palembang dengan menggunakan Total Station.
Survey Topografi di Palembang dengan metode pengukuran menggunakan Total Station.

Pengukuran Beda Elevasi Antar Titik Bor

Pada pengukuran perbedaan elevasi 3 titik bor ini tim survey topografi melakukan pengukuran dengan metode tachimetri. Dari data ukuran tinggi alat, tinggi target, dan jarak vertikal dari bacaan Total Station didapatkan perbedaan elevasi dari titik bor satu ke titik bor lainnya. Pengukuran juga dilakukan berulang kali untuk menjamin kualitas bacaan jarak vertikal. Pada pengukuran yang dilakukan diperlukan titik bantu karena dari titik bor satu ke titik bor lainnya tidak dapat saling terlihat.

Alat diletakkan pada titik bantu dan melakukan pengukuran ke arah titik-titik bor yang ada. Dari pengukuran yang didapatkan kami menghitung besar beda tinggi dari titik bantu ke setiap titik bor. Data tersebut diolah kembali untuk mendapatkan nilai beda tinggi dari titik bor ke titik bor lainnya.

Pengukuran Kemiringan Sungai Pada Bagian Inlet, Middle, Dan Outlet

Dalam menghitung kemiringan antara dua titik kita membutuhkan jarak horizontal dan jarak vertikal dari kedua titik tersebut. Untuk mendapatkan jarak horizontal dilakukan pengukuran menggunakan GPS Handheld karena di daerah tersebut tidak ada titik kontrol horizontal dan titik ke titik tidak saling terlihat. Untuk mendapatkan jarak vertikal dari titik ke titik dilakukan pengukuran dengan metode tchimetri karena GPS Handheld memiliki ketelitian yang buruk saat melakukan pengukuran elevasi.

Demikian jurnal singkat mengenai survey topografi di palembang, Sumatra Selatan. Jika anda membutuhkan pengukuran topografi bisa menghubungi Call Center kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *