Sumur Resapan

Sumur Resapan Air sebagai Teknik Konservasi Air Tanah

Teknik konservasi air saat ini begitu diperlukan. Hal ini lantaran di Indonesia sering terjadi bencana kekeringan dan banjir. Jika musim kemarau panjang melanda Indonesia, sudah dipastikan akan ada bencana kekeringan dimana-mana. Disinilah kemudian pentingnya jasa pembuatan sumur resapan untuk menampung air.

Dengan membuatkan sumur resapan, maka bencana kemarau dan kekeringan yang sering melanda Indonesia bisa diminimalisir. Beberapa daerah di Indonesia yang sering dilanda banjir seperti Jakarta atau kekeringan seperti Bantul dikenal cukup sukses dalam mengatasi kekeringan dan banjir.

Pengertian Sumur Resapan untuk Menampung Air

Sumur resapan adalah suatu teknik konservasi tanah dan air yang mempunyai cara kerja di bidang penyerapan air. Sumur resapan yaitu merupakan sumur atau sebuah lubang pada permukaan tanah yang dipakai untuk menampung air hujan agar mampu meresap ke dalam tanah.

Karena sifatnya yang konservasi air, maka cara kerja sumur resapan agar air tetap ada di dalam tanah. Makannya beberapa daerah dengan langganan kekeringan parah setelah dibangunkan sumur resapan sudah tidak mengalami kekeringan lagi.

 

Beberapa Alasan Mengapa Jasa Membuat Sumur Resapan Itu Diperlukan

Ada beberapa alasan mengapa membuat sumur resapan itu sangat penting. Berikut beberapa alasan mengapa kita harus membuat sumur resapan:

  • Mampu menampung air dalam jumlah banyak. Saat musim kemarau panjang tidak ada kendala kekeringan sama sekali jika terdapat sumur resapan.
  • Membantu mencegah terjadinya banjir bandang saat musim penghujan. Air akan tertampung dengan baik ke dalam sumur.
  • Mampu menjaga tanah agar memiliki daya dukung. Sehingga potensi longsor sebuah tanah bisa diminimalkan.
  • Membuat tanah tetap memiliki unsur hara yang tinggi. Sehingga sumur resapan juga sangat cocok diterapkan pada daerah pertanian.
  • Menampung persedian air dalam jumlah banyak. Kemampuannya dalam menampung air membuat sumur resapan sangat diminati oleh perusahaan-perusahaan penyedia air minum.
  • Mempunyai kemampuan untuk mengurangi konsentrasi pencemaran air tanah.
  • Mampu mencegah tanah mengalami amblas.

 

Bagaimana Cara Kerja Dari Sumur Resapan?

Cara kerja dari sumur resapan tidak terlalu rumit. Konsep dasar sumur resapan yaitu memberi kesempatan air hujan untuk tetap jatuh di bawah tanah. Prinsip dasar dari sumur resapan yaitu berusaha menyalurkan dan menampung curah hujan ke dalam sebuah sumur dan menyimpannya ke dalam tanah dalam jangka waktu yang lama.

 

Geochem Survey Menerima Jasa Pembuatan Sumur Resapan Bersetandar

Bagi Anda yang saat ini ada rencana membuat sumur resapan berkualitas bagus, Geochem Survey menyediakan layanan buat sumur terjangkau. Ada beberapa kelebihan yang diberikan Geochem Survey dalam membuat sumur resapan:

  • Mampu mengerjakan beragam pembuatan sumur dalam beragam jenis. Baik pembuatan sumur resapan individu maupun sumur resapan kolektif.
  • Mampu mengerjakan beragam jenis konstruksi sumur resapan.
  • Harga jasa pembuatan sumur resapan yang ditawarkan cukup terjangkau. Harga jasa pembuatan sumur resapan bisa didapatkan berdasarkan kesepakatan antara client dengan pihak Geochem Survey.

Kolom Diskusi