Metode Georadar

Pengukuran Georadar untuk Inspeksi Beton​

Geochem Survey menyediakan jasa Pengukuran Georadar untuk berbagai keperluan dengan cakupan seluruh Indonesia. Hubungi kami untuk konsultasi gratis.

Pengukuran Georadar

Pengukuran georadar adalah salah satu metode non destruktif (NDT Test) yang banyak digunakan untuk menemukan objek bawah tanah ataupun untuk melakukan inspeksi jembatan dan betonan. Pengukuran georadar memanfaatkan pantulan gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh alat, sehingga dapat mengetahui kondisi benda yang disurvey tanpa harus merusaknya.

Aplikasi Georadar untuk Memetakan Retakan pada Beton

Salah satu aplikasi yang banyak digunakan adalah untuk mendeteksi adanya retakan / crack pada beton. Survey georadar untuk mengetahui retakan adalah metode yang ampuh dikarenakan penggunaannya yang praktis dengan hanya melakukan scan di permukaan betonan tersebut.

Untuk mendeteksi retakan pada beton, frekuensi georadar yang digunakan adalah frekuensi tinggi. Rentang frekuensi yang ideal diaplikasikan antara 1GHz – 2,6GHz tergantung pada ketebalan betonan dan ketelitian yang dibutuhkan. 

alat pengukuran georadar untuk scan beton atau jembatan dan retakan
Alat Georadar untuk Deteksi Retakan
hasil pengukuran georadar untuk inspeksi beton atau slab
Deteksi Rebar / Tulangan dengan metode georadar

Alat survey georadar yang digunakan untuk inspeksi beton terbagi menjadi control unit, antena georadar, dan aksesori (Gambar kiri). Hasil dari scan georadar (Gambar Kanan) adalah posisi dan kedalaman target seperti rebar, retakan, maupun ketebalan betonan itu sendiri.

Secara umum inspeksi betonan menggunakan georadar yang kami tawarkan, bertujuan untuk:

  • Mendeteksi retakan pada beton / slab
  • Mendeteksi keberadaan rebar
  • Mendeteksi konduit metal maupun non metal (pvc / plastik)
  • Mengetahui ketebalan aspal di atas betonan

Untuk keperluan pengukuran georadar lainnya, silahkan kunjungi halaman berikut.

Geochem Survey Menawarkan Survey Georadar Terbaik untuk Segala Keperluan

Untuk anda yang sedang mencari konsultan pengukuran georadar yang berpengalaman, kami siap untuk membantu segala kebutuhan anda. Geochem Survey menyediakan jasa pengukuran georadar di berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Tangerang, Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan area lainnya di seluruh Indonesia.

Geochem Survey selalu berkomitmen untuk menjaga kepuasan client kami dengan didukung oleh SDM lulusan ITB yang telah berpengalaman di bidangnya. Selain itu, Geochem Survey menggunakan alat-alat terbaik yang telah dikalibrasi untuk menjaga hasil survey tetap pada standar yang tinggi.
 

Untuk mendapatkan harga terbaik dan konsultasi gratis kebutuhan anda, silahkan hubungi kami melalui kontak berikut ini:

082123232253 (Helmy)

081910036644 (Iqbal)

Email: geochem.cs(at)gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *