Jasa Survey Mikroseismik / Konsultan Seismometer

Survey Mikroseismik atau biasa dikenal dengan Mikrotremor adalah salah satu metode pengukuran geofisika untuk menganalisa rekahan yang terbentuk di bawah tanah, baik yang terjadi secara alami (contoh: aktivitas tektonik dan sesar), ataupun yang terinduksi secara artifisial (contoh: eksploitasi di bidang hidrokarbon, pertambangan, geothermal, dll; aplikasi geoteknik di bendungan, jalur rel, dll). Metode mikroseismik meliputi akuisisi data seismik, kemudian pengolahan data, hingga interpretasi sesuai dari target penyelidikan. Alat yang digunakan yaitu seismograf / seismometer sebagai sensor untuk mendapatkan gelombang seismik yang merambat di dalam bumi.
Jasa Survey Mikroseismik disediakan oleh Geochem Survey untuk mendukung anda dalam penelitian atau perencanaan gedung, bendungan, jembatan, atau infrastruktur lainnya

Survey Mikroseismik - Pengukuran Seismometer


Survey Mikroseismik – Pengukuran Seismometer – Monitoring Gempa Kecil

Jasa Survey Mikroseismik atau Pengukuran Seismometer

Monitoring atau Pemantauan aktivitas mikroseismik adalah pengamatan pasif terhadap gempa bumi berskala sangat kecil yang terjadi di tanah akibat aktivitas manusia atau proses industri seperti penambangan, rekahan hidrolik, peningkatan perolehan minyak, operasi panas bumi, atau penyimpanan gas bawah tanah. Ilmu mikroseismik tumbuh dari seismologi gempa dan berfokus pada gempa-mikro (mis. Besarnya kurang dari nol). Gempa bumi ini terlalu kecil untuk dirasakan di permukaan, tetapi mereka dapat dideteksi oleh peralatan sensitif seperti geophone dan akselerometer atau seismometer.

Skema pemetaan fraktur microseismic Tidak seperti teknologi seismik 3D tradisional yang mengukur refleksi akustik dari sumber energi, pemantauan mikroseismik adalah metode pasif, artinya ia mendengarkan energi seismik yang sudah terjadi di bawah tanah. Seismisitas pasif juga sering disebut sebagai “seismisitas terinduksi.”

Metode seismik pasif memberikan catatan 4D kontinyu tentang kegempaan di wilayah pemantauan, daripada foto individu dalam waktu yang diperoleh dengan metode seismik 3D konvensional. Hasil mikroseismik sering disampaikan secara real-time, dan secara harfiah dapat menawarkan rekaman video tentang apa yang terjadi jauh di bawah tanah sebagai akibat dari operasi industri.

Alat mikroseismik yang biasa digunakan yaitu Guralp dan dioperasikan oleh engineer Geochem Survey yang telah berpengalaman bertahun-tahun sebagai konsultan mikroseismik. Untuk konsultasi masalah RAB biaya survey mikroseismik / pengukuran menggunakan seismometer bisa whatsapp / menghubungi kami di:
0819 1003 6644  (Iqbal) atau 0821 2323 2253 (Helmy)