Survey Topografi

Cara Mengukur Luas Tanah Rumah Sawah Pabrik

Teknologi pengukuran luas tanah semakin ke sini semakin maju. Bahkan teknologi cara mengukur luas tanah di beberapa negara maju sudah menggunakan sistem digital. Kemajuan pengukuran tanah menggunakan teknik digital membuat kegiatan pengukuran tanah menjadi lebih cepat.

Ditemukan Beragam Metode Cara Mengukur Luas Tanah

Pengukuran luas tanah mempunyai metodenya masing-masing. Ada beragam metode untuk cara mengukur luas tanah yang perlu kita kenal. Berikut setidaknya ada beberapa metode dalam pengukuran tanah yang kita kenal sampai saat ini.

Cara Mencari Luas Tanah dengan Survey Topografi
Cara Mencari Luas Tanah menggunakan Alat Total Station

Metode Mengukuran Luas Tanah Extrapolasi

Metode pengukuran tanah extrapolasi dikenal cukup banyak dipakai. Alat pengukuran ini menggunakan pita ukur pegas dan prisma sehingga pengukuran seperti ini mampu memetakan tanah secara tempat. Cara ini tergolong masih semi tradisional, kendati demikian ketepatan pengukuran tanah model extrapolasi cukup efektif.

Metode Pengukuran Tanah Koordinat Awal

Metode pengukuran tanah koordinat awal cuku dikenal dan cukup sering dipakai dalam pengukuran tanah. Metode pengukuran tanah koordinat awal cocok diterapkan pada sebidang tanah yang tidak mempunyai penampang luas. Cara kerjanya dengan penentuan koordinat titik.

Metode Pengukuran Tanah Koordinat Akhir

Koordinat titik ini dibutuhkan untuk memenuhi syarat Geometeri hitungan. Pengukuran metode ini sangat cocok diterapkan dalam berbagai kebutuhan.

Metode Pengukuran Tanah Azimuth Awal

Metode pengukuran tanah Azimuth Awal memakai arah orientasi dari system koordinat yang dihasilkan dan pengadaan datanya dapat di tempuh melalui beragam cara.

Metode Pengukuran Poligon

Metode pengukuran tanah poligon cukup sering digunakan. Kelebihan dari metode pengukuran tanah poligon ada pada kecepatannya. Menggunakan metode pengukuran poligon akan lebih cocok diterapkan pada tanah yang lebih luas.

Beberapa Kesalahan-Kesalahan yang Muncul Dalam Pengukuran Tanah

Pengukuran tanah kerap terjadi beberapa kesalahan. Beberapa kesalahan-kesalahan yang muncul dalam pengukuran tanah kerap merugikan. Agar tidak mengenali lagi kesalahan-kesalahan pengukuran tanah. Berikut kami jelaskan beberapa kesalahan pengukuran tanah:

  • Alat pengukuran tanah kerap tidak dikaliberasi. Alat pengukuran tanah yang telah lama tidak dikaliberasi maka ketepatan dalam pengukurannya akan turun.
  • Panjang peta ukur yang tidak standar. Sehingga saat dilakukan pengukuran akan sangat sulit.
  • Kesalahan dalam pencatatan. Kesalahan berikutnya yang sering muncul dalam aktivitas pengukuran tanah yaitu salah mencatat.
  • Kesalahan mencatat luas permukaan tanah yang diukur. Jika terjadi kesalahan dalam pengukuran tanah maka hasilnya akan tidak presisi pengukurannya. Bahkan presentasi pencatatan yang dilakukan memiliki nilai eror yang kecil sekalipun.
  • Kurang hati-hati dalam melakukan pengukuran. Bisa saja ada orang yang tidak hati-hati dalam pengukuran. Jika ketidak hati-hatian itu dibiarkan saja, maka besar kemungkinan terjadi kesalahan pengukuran.

Agar pengukuran tanah bisa maksimal dan jauh dan jauh dari kesalahan, pastikanlah saat akan melakukan pengukuran tanah dalam kondisi tenang terlebih dahulu. Kondisi yang tenang saat pengukuran tanah berlangsung membuat akurasi pengukuran tanahnya menjadi tepat:

Dapatkan Jasa Pengukuran Tanah di Geochem Survey

Bagi Anda yang saat ini sedang ada rencana untuk memakai jasa pemetaan tanah berkualitas bagus, Geochem Survey siap menyediakan Anda. Berikut beberapa kelebihan dari Geochem Survey di tempat kami. Harga pengukuran tanah bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Kendati memfokuskan diri pada pemetaan di tanah, Geochem Survey juga melakukan penggerjaan survey tanah ke seluruh penjuru Indonesai. Segera saja gunakan jasa pengukuran tanah profesional di Bandung di Geochem Survey.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *