Teori Dasar Metode Geolistrik: Resistivitas Medium Homogen

Posted on Posted in Ilmu Kebumian, Metode Geolistrik

Dalam metode geolistrik, kita dapat mengetahui harga resistansi suatu material yg terhubung pada suatu rangkaian listrik sederhana melalui hukum Ohm, sebagaimana telah dibahas sebelumnya. Resistivitas suatu medium homogen dapat diperkirakan dg mengalirkan arus listrik (I) ke dalam medium tsb. dan mengukur efek-nya berupa potensial (V). Secara kualitatif, potensial di suatu titik berbanding lurus dg arus sebagai sumber atau penyebab adanya distribusi potensial, dan berbanding terbalik dg jarak (r) antara titik pengukuran dan posisi sumber arus. Selanjutnya, berlaku persamaan utk medium setengah-ruang (half-space) homogen sebagaimana diperlihatkan pada gambar di bawah ini (silakan dicari sendiri dari mana datangnya persamaan tsb.)

resis_3

Gambar. Arus listrik pada medium homogen (diambil dari buku Telford dkk. yg sudah dimodifikasi oleh berbagai literatur).

Dalam kenyataannya, injeksi arus ke dalam medium setengah-ruang homogen yg merepresentasikan bumi hanya dapat dilakukan melalui dua elektroda arus (C1 dan C2) sedangkan potensial yg diukur adalah beda potensial antara dua elektroda potensial (P1 dan P2). Dengan memperhitungkan bahwa sumber arus pada C1 dan C2 memiliki polaritas positif (+) dan negatif (-) sementara potensial di setiap elektroda potensial (P1 atau P2) adalah kontribusi total dari C1 dan C2 maka resistivitas medium merupakan fungsi dari hasil pengukuran (arus dan beda potensial) serta konfigurasi elektroda pengukuran yg dinyatakan oleh faktor geometri (K).

resis_4

Gambar. Faktor geometri elektroda.

Sumbergeofisika.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *