Jasa Soil Resistivity Test atau Uji Resistivitas Tanah

Jasa Soil Resistivity Test atau Uji Resistivitas Tanah disediakan Geochem Survey untuk mengukur kapasitas / muatan listrik di dalam tanah dengan cara mengalirkan arus listrik. Team kami terdiri dari tenaga ahli di lapangan untuk pengambilan data Soil Resistivity Test dan tenaga ahli di kantor untuk pengolahan hasil Soil Resistivity Test yang merupakan lulusan sarjana Teknik Geofisika.

Pendahuluan

Metode Soil Resistivity Test atau Uji Resistivitas Tanah biasa digunakan dalam industri tenaga listrik untuk menilai persyaratan desain sistem earthing / grounding. Metode ini dapat membantu desain dan pemasangan generator baru, gardu induk dan infrastruktur rekayasa.

Prosedur pengujian resistivitas tanah standar melibatkan empat elektroda jarak jauh yang ditetapkan dalam susunan konfigurasi tetap, seperti diilustrasikan dalam diagram di bawah ini. Arus listrik frekuensi rendah diterapkan di seluruh elektroda luar dan tegangan diukur antara elektroda potensial dalam. Pembacaan tahanan tanah yang dihasilkan kemudian diubah oleh persamaan standar menjadi pembacaan resistivitas. Nilai ini mewakili nilai rata-rata resistivitas tanah antara elektroda potensial. Pembacaan kedalaman diperoleh oleh sounding listrik menggunakan array elektroda yang berkembang yang berpusat pada titik yang sama. Penembusan kedalaman yang dicapai oleh pembacaan resistivitas individu meningkat dalam proporsi langsung ke jarak elektroda dari array.

 

Jasa Soil Resistivity Test dan Desain Earthing

Sistem Earthing / Grounding (Pembumian) menyediakan saluran keluar yang aman antara sirkuit listrik dan tanah. Sistem ini digunakan untuk membuang kesalahan listrik, membumikan petir, dan mempertahankan operasi peralatan listrik yang benar. Desain sistem pembumian memerlukan pengetahuan yang terperinci tentang resistivitas tanah di area survey. Ini diukur sebagai fungsi kedalaman di serangkaian lokasi di sekitar bangunan, menggunakan perluasan empat elektroda konfigurasi Wenner (standar BS EN 50522). Prosedur ini dikenal sebagai Jasa Soil Resistivity Test atau Uji Tahanan Bumi (Baca artikel kami lainnya: Jasa Geolistrik).

Jasa Uji Soil Resistivity Test
Pengukuran Soil Resistivity Testing dengan 4 Elektroda Konfigurasi Wenner

Pengukuran yang benar terhadap resistivitas tanah sangat penting di tanah resistivitas tinggi, di mana arus listrik tidak dapat menghilang dengan cepat. Dalam kondisi tanah seperti itu, mencapai bumi yang baik bisa menjadi masalah, dengan informasi tentang resistivitas tanah yang diperlukan untuk kedalaman yang jauh lebih besar untuk keberhasilan pemasangan sistem pembumian.

Pengolahan data menggunakan software inversi untuk menghilangkan efek geometri elektroda dari kumpulan data dan menghasilkan model dari lapisan resistivitas di lokasi pengujian. Korelasi dengan data geologi latar belakang secara interaktif memurnikan model dan memastikan bahwa hal itu berkaitan dengan kondisi tanah yang sebenarnya di area survey.

Uji Sistem Earthing / Grounding

Metode Soil Resistivity Testing dibutuhkan dalam pembuatan instalasi Earthing yang baru. Diperlukan suatu nilai resistivitas tanah yang akurat dalam merancang Sistem Earthing untuk memenuhi kriteria keselamatan dan keandalan. Sehingga dapat memve

Jasa Soil Resistivity Test - Konfigurasi Wenner
Konfigurasi Wenner dan arah aliran arus listrik untuk Soil Resistivity Test

rifikasi bahwa sistem memiliki kapasitas yang cukup untuk menghilangkan gangguan terkait arus dan sambaran petir. Jasa Soil Resistivity Test atau Uji resistivitas tanah adalah untuk mendapatkan nilai resistivitas tanah pada kedalaman +- 1 m dari permukaan, dengan tujuan mendapatkan lokasi yang tepat dalam pemasangan sistem instalasi Grounding.

Kontak Kami

Untuk konsultasi terlebih dahulu dengan tenaga ahli dari Geochem Survey, untuk contoh laporan Soil Resistivity Test, bertanya harga / biaya jasa pengukuran Soil Resistivity Test dengan menghubungi 0819 1003 6644 atau Whatsapp kami.